Rancang Bangun Sistem TransmisiSprocket Chain Pada Mobil Listrik Garnesa

Main Authors: Mugi Prasetyoso, Dwi; D3 Teknik Mesin FT Unesa, Budijono, Agung Prijo; Jurusan Teknik Mesin FT Unesa
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Rekayasa Mesin , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/2411
Daftar Isi:
  • Sistem Transmisi sprocket chain merupakan transmisi pemindah daya yang efisien pada mobil penggerak motor DC. Maka transmisi ini dikembangkan sebagai fungsi pemindah daya mobil listrik. Harapan penggunaan transmisi ini adalah dapat dilakukan riset rancang bangun kecepatan maupun torsi, disain mekanisme, dan hasil uji yang maksimal dalam mengembangkan alat tersebut. Transmisi sprocket chain lebih unggul dibandingkan tipe-tipe transmisi yang lainnya, penyebabnya ialah konstruksi yang ringan dan efisien. Metode pembangunan transmisi sprocket chain yaitu melakukan rancang bangun kecepatan, torsi, dan disain mekanisme. Selanjutnya yaitu pembuatan alat dengan cara pemotongan, pembubutan, pengelasan dan perakitan. Dari hasil mekanisme yang tercapai dapat dilakukan pengujian alat. Sesuai dengan rancang bangun perbandingan rasio gear yang paling efisien dan memaksimalkan putaran transmisi, Mulai dilakukan pengujian alat pada tiap kondisi jalan datar maupun menanjak dengan jarak uji 30m. Hasil pengujian terbaik disebutkan, Bidang datardi Danau UNESA (v = 28 km/jam dan a = 4,11 km/jam2), Di PolBan (v = 21,82 km/jam dan a = 0,97 km/jam2), Di bidang miring di jembatan kebonsari (v=11,1 km/jam dan a = 1,88 km/jam2),Di PolBan (v = 7,32 km/jam, a = 1,02 km/jam2), top speed bidang datar dengan kecepatan penuh tanpa batas jarak adalah (v = 41 km/jam). Jadi dapat disimpulkan bahwa percepatan dan kecepatan pada jenis transmisi sprocket chain bergantung pada perbandingan rasio yang dikehendaki.