IMPLEMENTASI CONTENT BASED LEARNING DALAM PENGAJARAN DRAMA

Main Authors: Marlianingsih, Noni; Universitas Indraprasta PGRI, Puspitasari, Tita; Universitas Indraprasta PGRI
Other Authors: Universitas Nasional
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Nasional , 2019
Online Access: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/501
http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/501/395
Daftar Isi:
  • Pengajaran Drama sebagai mata kuliah teori dihadapkan pada banyak kendala. Pengunaan teknikceramah dan teknik presentasi murni cenderung membuat mahasiswa pasif dan tidak dapat memahamimateri dengan baik. Sementara itu, pengajaran mata kuliah ini tidak hanya diarahkan pada pemahamansaja, namun diharapkan agar mahasiswa menjadi lebih kreatif dan inovatif. Tujuan penulisan artikeliniadalah untuk berbagi pengalaman tentang keefektifan penggunaan content based learning dalampengajaran drama. Penulis menggunakan metode pengajaran Content Based Learning dalam kelas drama,jurusan pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Indraprasta PGRI. Mahasiswa yang diajar berada di tahunke dua atau semester empat. Kelas yang diajar sebanyak dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 30orang. Hasil dari penerapan metode pengajaran ini, mahasiswa dapat menganalisa dan membandingkanunsur-unsur drama yang ada di teks aslinya dan versi film, sehingga mereka dapat mementaskannya dikemudian hari. Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan metode ini yaitu mahasiswa dan dosenmenjadi lebih aktif saling berkomunikasi dan mahasiswa terbiasa bekerjasama dalam kelompoknya.Kata Kunci: content based learning, drama.