MAJAS METAFORA DALAM PEMBERITAAN OLAHRAGA DI MEDIA MASSA CETAK

Main Author: Ekoyanantiasih, Ririen Ekoyanantiasih; Universitas Nasional
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Nasional , 2015
Online Access: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/146
http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/146/68
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemakaian majas metafora dalam ragam jurnalistik di pemberitaan olahraga. Dengan metode deskriptif, penelitian ini memaparkan majas-majas tersebut yang mengandung perbandingan antara dua hal. Hal pertama mengacu pada objek yang mempunyai makna murni dan hal kedua adalah makna kata yang sesuai dengan ciri-ciri kodrati suatu kata yang ditandai oleh fitur-fitur semantik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam media massa cetak ditemukan berbagai macam bentuk majas metafora, yaitu majas metafora dalam bentuk kata, frasa, dan klausa. Kata kunci: denotasi, konotasi, majas, metafora ABSTRACTThis research has a purpose to describe how to use methaphora figure of speech in journalism sport news. With descriptive method, the research explain some figure of speech which contain a comparison between two matter. The first matter refers to an object which has pure sense and second matter is the meaning of a word that appropriate with the characteristic of the anothor word which signed by semantic characteristic. This research showing that the printed mass media has found many kind of methaphora figure of speech, like methaphora figure in word, phrase, and clausa. Key word: denotation; connotation, figure of speech, methaphora