PENERAPAN RELAKSASI ATENSI UNTUK MENINGKATKANKONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SMK
Main Authors: | PRABANDINI MULYANA, OLIEVIA, ANUGERAH IZZATI, UMI, RAHMASARI, DIANA |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_jptt/article/view/12649 |
Daftar Isi:
- Abstract: The objectives of this research is to examine the effectiveness of attentive relaxation toincrease the concentration among students of Vocational High School. Attentive relaxation appliedin this research is a relaxation technique with focus on the enhancement of visual sense sensitivity.This attentive relaxation program is based on Robert H.McKim's theory with three basic phases,which are loosening up, letting go, and going to close. This research was an experiment which applypre-test and post-test group design. The subject in this research were 60 Vocational High Schoolstudents consist of 30 students in experimental group and 30 students in control group. This research conducted in Vocational High School Wachid Hasyim Surabaya. The experiment groupwas given the treatment of attentive relaxation, while the control group was left without treatment.Army alpha test was used to measure learning concentration. The army alpha test was administeredto both experiment group and control group in pre-test and post-test conditions. The result foundthat attentive relaxation increase the learning concentration among Vocational High Schoolstudents. This can be seen from the increase in learning concentration scores of students inexperimental group between before and after the attentive relaxation treatment was given. Attentiverelaxation contributes 23,3% in increasing the learning concentration of Vocational High Schoolstudents. Keywords : Learning concentration, attentive relaxation. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relaksasi atensi dalammeningkatkan konsentrasi belajar pada siswa SMK. Relaksasi atensi yang digunakan dalampenelitian ini merupakan sebuah teknik relaksasi yang lebih menekankan pada peningkatankepekaan indera visual. Program Relaksasi Atensi ini didasarkan pada teori relaksasi atensi dariRobert H. McKim yang dengan tiga tahapan dasar, yaitu loosening up (peregangan), letting go(pembebasan ketegangan), going to close (pendekatan masalah). Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan menggunakan pre-test and post-testgroup design. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa SMK yang berjumlah 60 orang yangterdiri dari 30 orang dalam kelompok eksperimen dan 30 orang dalam kelompok kontrol. Penelitianini dilaksanakan di SMK Wachid Hasyim Surabaya. Pada kelompok eksperimen akan diberiperlakuan berupa relaksasi atensi, sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan.Untuk mengukur konsentrasi belajar digunakan tes army alpha. Tes army alpha diberikan kepadakelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat pre-test dan post-test. Relaksasi Atensidapat meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa SMK. Hal ini ditunjukkan dengan adanyaperbedaan konsentrasi belajar antara sebelum dan sesudah dilakukan relaksasi atensi. Kelompokeksperimen menunjukkan peningkatan konsentrasi belajar setelah diberi perlakuan relaksasi atens. Kata kunci : Konsentrasi Belajar, Relaksasi Atensi.