Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Karir Masa Depan Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa

Main Author: Apriliana, Rusma
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/2880
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/2880/2096
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap karir masa depan dan konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Subjek penelitian melibatkan 201 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi skripsi dengan reliabilitas (α = 0,855), skala kecemasan terhadap karir masa depan dengan reliabilitas (α = 0,909), dan skala konsep diri akademik (α = 0,854). Berdasarkan analisa menggunakan teknik regresi dua prediktor dihasilkan korelasi R sebesar 0,648, Fhitung sebesar 71.609 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (pada p ˂ 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecemasan terhadap karir masa depan dan konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi. Hasil perhitungan korelasi parsial menunjukkan nilai korelasi ryx1-x2 = 0,194 dengan taraf signifikansi p = 0,006 (pada p < 0,01). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kecemasan terhadap karir masa depan dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Hipotesis ketiga untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi ryx2-x1 = −0,566 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (pada p < 0,01). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri akademik dengan prokrastinasi skripsi. Kecemasan terhadap karir masa depan dan konsep diri akademik bersama-sama memberikan sumbangan efektif atau pengaruh sebesar 42,00% terhadap prokrastinasi skripsi, sedangkan sisanya 58,00% dipengaruhi oleh faktor lain. Kecemasan terhadap masa depan karir memberikan pengaruh sebesar 6,27% terhadap prokrastinasi skripsi, sedangkan konsep diri akademik memberikan pengaruh sebesar 35,73%.