HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KEPERCAYAAN DIRI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X
Main Authors: | Dewi, Saka, Arjanggi, Ruseno |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/10987 http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/10987/4259 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa di Universitas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Subjek dalam penelitian adalah 450 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala regulasi diri dalam belajar, skala dukungan sosial teman sebaya dan skala kepercayaan diri akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar. Hasil uji korelasi parsial antara dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dalam belajar menunjukkan adanya hubungan positif. Hasil korelasi parsial antara kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar menunjukkan hasil yang positif. Sumbangan efektif yang diberikan variabel dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri akademik dengan regulasi diri dalam belajar adalah 42,1%.