PERAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Main Authors: Sari, Heni Ratna, Arjanggi, Ruseno
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Psychology Universitas Islam Sultan Agung Semarang , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/10984
http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/10984/4256
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap belajar berdasar regulasi diri pada mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala. Skala belajar berdasar regulasi diri berjumlah 68 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,941 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,277 sampai 0,683. Skala efikasi diri berisi 30 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,896 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak antara 0,256 sampai 0,693. Serta skala dukungan sosial teman sebaya berisi 40 aitem yang memiliki koefisien reliabilitas 0,919 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak antara 0,301 sampai 0,726. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan parsial. Hasil penelitian menunjukskan adanya peran positif efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap belajar berdasar regulasi diri dengan diperoleh skor R= 0,325 dan Fhitung= 8,665, p= 0,000 (p<0,05). Variabel efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya secara bersamaan memiliki sumbangan efektif sebesar 10,5% terhadap variabel belajar berdasar regulasi diri. Uji korelasi parsial efikasi diri dengan belajar berdasar regulasi diri diperoleh skor rx1y= 0,178 dengan signifikan 0,030 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya peran positif efikasi diri terhadap belajar berdasar regulasi diri. Uji korelasi parsial dukungan sosial teman sebaya dengan belajar berdasar regulasi diri diperoleh skor rx2y= 0,173 dengan signifikan 0,035 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan adanya peran positif dukungan sosial teman sebaya terhadap belajar berdasar regulasi diri.