HUBUNGAN DUKUNGAN SAUDARA KANDUNG DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK AUTIS DI PUSAT LAYANAN AUTIS KOTA DENPASAR
Main Authors: | Widyandari, Ni Made Ayu Sukma, Puspita, Luh Mira, Sanjiwani, Ida Arimurti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/93060 https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/93060/47766 |
Daftar Isi:
- Gangguan komunikasi interpersonal merupakan salah satu masalah yang dialami oleh anak autis. Hal ini disebabkan karena kurangnya perkembangan kemampuan berbahasa sehingga anak autis mengalami kesulitan menyampaikan dan menerima pesan dari orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan komunikasi pada anak autis adalah dukungan dari saudara kandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan saudara kandung dengan komunikasi interpersonal pada anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 38 anak yang dipilih dengan teknik total sampling berdasarkan kriteria populasi terjangkau. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sibling support dan kuesioner Interpersonal Communication Inventory (ICI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dukungan saudara pada anak autis adalah 22,76 dan rata-rata komunikasi interpersonal pada anak autis adalah 18,18. Data yang diuji dengan Spearman Rank (rho) diperoleh nilai signifikansi 0,00 (? = 0,05) dengan nilai korelasi 0,794 dan korelasi berarah positif. Hal ini menunjukkan korelasi yang kuat dengan arah positif yang artinya semakin baik dukungan saudara kandung maka semakin baik pula komunikasi interpersonal pada anak autis.
- An interpersonal communication disorder is one of the problems experienced by children with autism. It causes due to the lack of development of language skills so children with autism have difficulty delivering and receiving messages from others. One of the factors that influence the development of communication in children with autism is sibling support. This study aims to determine the correlation of sibling support with interpersonal communication in children with autism at Pusat Layanan Autis Kota Denpasar. This research uses descriptive correlation design with the cross-sectional approach. The sample consisted of 38 children selected by total sampling technique based on the affordable population criteria. Data collection using sibling support questionnaires and Interpersonal Communication Inventory (ICI) questionnaires. The result showed that the mean of sibling support for autistic children was 22,76 and the mean of interpersonal communication in autistic children was 18,18. Data tested using Spearman Rank (rho) got a significant value of 0,00 (? = 0,05) with a correlation value of 0,794 and positive direction correlation. This shows a strong correlation with a positive direction which means the better support siblings the better interpersonal communication to the children with autism.