FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB STRES AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN TAHUN PERTAMA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Authors: Hutabarat, Nanik Saryati, Elita, Veny, Utomo, Wasisto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana , 2022
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/87567
https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/87567/46504
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu solusi untuk menjalankan kegiatan belajar-mengajar di tengah pandemi dan mengakibatkan mahasiswa tahun pertama mengalami stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab stres pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Keperawatan Universitas Riau selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian deskriptif korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 134 orang responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji chi-square. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner stres Depression Anxiety Stress Scale (DASS) dan Perceived Stress Scale (PSS) melalui google form terdiri dari 28 pernyataan yang telah diuji validitas dengan r hitung 0,599-0,802 > r tabel (0,444) dan r hitung 0,548-0,740 > r tabel (0,444). Hasil penelitian ini diketahui bahwa mayoritas mahasiswa mengalami stres sedang (52,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pada mahasiswa adalah tugas dan beban pembelajaran (p = 0,002), teman seangkatan (p = 0,003) dan lingkungan belajar (p = 0,004). Faktor yang tidak berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa adalah pengetahuan (p = 0,060), dukungan orang tua (p = 0,785) dan dukungan dosen (p = 0,142). Tingkat stres akademik mahasiswa baru Fakultas Keperawatan Universitas Riau berada pada kategori sedang.
  • Distance learning is the solution for carrying out teaching and learning activities during pandemics and causing first-year students to experience academic stress. This study aims to determine the factors that cause stress in first-year students of the Faculty of Nursing, Riau University, during distance learning in the Covid-19 pandemics. This study used a descriptive correlation research design using a cross-sectional approach. The research sample was 134 respondents who were taken based on inclusion criteria using the total sampling technique. The analysis used univariate analysis to see the frequency distributions and bivariate using the chi-square test. The instrument used is the questionnaire Depression Anxiety Stress Scale (DASS) and the Perceived Stress Scale (PSS) via google form consisting of 28 statements that have been tested for validity with r count 0,599-0,802 > r table (0,444) and r count 0,548-0,740 > r table (0,444). This study showed that the majority of students experienced moderate stress (52,2%). It is indicated that the factors related to student's academic stress are the task and learning load (p = 0,002), classmates (p = 0,003), and the learning environment (p = 0,004). Factors that were not related to student stress levels were knowledge (p = 0,060), parental support (p = 0,785), and lecturer support (p = 0,142). The result of the research level of academic stress in first-year students of the Faculty of Nursing, Riau University is in the moderate category.