HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA REMAJA
Main Authors: | Widiani, Ni Luh Putu Wahyu, Antari, Gusti Ayu Ary, Sanjiwani, Ida Arimurti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/86204 https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/86204/44983 |
Daftar Isi:
- Remaja merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akademik. Stres akademik akan memberikan dampak negatif pada remaja SMA khususnya kelas XII jika tidak ditangani dengan baik. Upaya untuk menurunkan stres akademik dapat dilakukan dengan cara meningkatkan faktor internal dan eksternal remaja, yaitu efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada remaja kelas XII di SMA Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 206 remaja kelas XII yang diperoleh menggunakan probability sampling dengan teknik proportioned stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Educational Stress Academic for Adolescent (ESSA), General Self-Efficacy (GSE), dan Student Academic Support Scale (SASS). Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Spearman Rank. Hasil analisis univariat menunjukkan 47,6% memiliki stres akademik dengan kategori sedang, 50,5% memiliki efikasi diri dengan kategori sedang, dan 50,5% memiliki dukungan sosial teman sebaya dengan kategori sedang. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik (nilai p = 0,002) serta ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik (nilai p = 0,011). Simpulan dari penelitian ini yaitu efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dapat mempengaruhi terjadinya stres akademik.
- Adolescents are groups that are vulnerable to academic stress. Academic stress will have a negative impact on high school youth, especially grade XII if it is not handled properly. Efforts to reduce academic stress can be done by increasing the internal and external factors of adolescents, namely self-efficacy and peer social support. The purpose of this study was to determine the relationship between self-efficacy and peer social support with academic stress on adolescents in grade XII at SMA Negeri 8 Denpasar. This research is descriptive correlational study with a cross-sectional approach. The sample is 206 teenagers of grade XII obtained by using probability sampling with proportional stratified random sampling technique. This study used the Educational Stress Academic for Adolescent (ESSA), General Self-Efficacy (GSE), and Student Academic Support Scale (SASS) questionnaires. The data were analyzed using descriptive analysis and Spearman Rank. The results of the univariate analysis showed that 47,6% had moderate academic stress, 50,5% had moderate self-efficacy, and 50,5% had moderate peer social support. The results of the bivariate analysis showed that there was significant relationship between self-efficacy and academic stress (p value = 0,002) and there was significant relationship between peer social support and academic stress (p value = 0,011). The conclusion of this study is that self-efficacy and peer social support can affect the occurrence of academic stress.