EFEKTIVITAS INTERVENSI KEPERAWATAN KOMUNITAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMELIHARAAN KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Authors: Muflih, Muflih, Asmarani, Fajarina Lathu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana , 2021
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/75056
https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/75056/40743
Daftar Isi:
  • Populasi anak usia sekolah adalah bagian dari kelompok yang rentan sakit terutama di masa pandemi COVID-19, sehingga penting diberikan intervensi keperawatan dengan tepat sesuai masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan pemeliharaan kesehatan pada agregat anak usia sekolah. Metode yang digunakan adalah action research. Pendataan masalah kesehatan dilakukan secara online dengangoogle form. Intervensi keperawatan diberikan secara semi daring kombinasi dengan google meet berisi tentang pendidikan kesehatan sikat gigi dan cuci tangan,  pengajaran kelompok, dan pendidikan kesehatan videoterkait bahaya alkohol dan rokok. Instrumen evaluasi yang digunakan adalah pengetahuan: promosi kesehatan, dan perilaku patuh: aktivitas yang disarankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa outcome pengetahuan: promosi kesehatann meningkat dari rerata level 2 (pengetahuan terbatas) ke level 4 (pengetahuan banyak), dan outcome perilaku patuh: aktivitas yang disarankan meningkat dari level 2 (jarang menunjukan) ke level 4 (sering menunjukan). Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwaada perbaikan kemampuan pemeliharaan kesehatan anak usia sekolah di masa pandemi COVID-19 setelah diberikan intervensi keperawatan komunitas berbasai semi daring.
  • The population of school-age children is part of a group that is prone to illness, especially during the COVID-19 pandemic, so it is important to provide appropriate nursing interventions according to the problems at hand. This study aims to determine the improvement of health care in the aggregate of school-age children. The method used is action research. Data collection on health problems is done online with a google form. Nursing interventions are provided semi-online in combination with google meet containing health education on toothbrushing and hand washing, group teaching, and video health education related to the dangers of akohol and cigarettes. The evaluation instruments used are knowledge: health promotion, and obedient behavior: recommended activities. The results showed that the outcome of knowledge: health promotion increased from an average of level 2 (limited knowledge) to level 4 (many knowledge), and the outcome of obedient behavior: recommended activities increased from level 2 (rarely shown) to level 4 (often shown). The conclusion of this study was that there was an improvement in the ability to maintain the health of school-age children during the COVID-19 pandemic after being given semi-online community nursing interventions.