PENERAPAN PAKET EDUKASI CHATTING DAN GAME PINTAR TERHADAP STRES DAN PEMAHAMAN PACARAN SEHAT PADA REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19
Main Authors: | Sanjiwani, Ida Arimurti, Pramitaresthi, I Gusti Ayu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2023
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/104538 https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/104538/51447 |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 merupakan bencana global yang telah berdampak pada aspek kehidupan setiap manusia termasuk pada remaja. Adanya jarak fisik dan pembatasan pergaulan langsung pada remaja yang cenderung aktif dapat berdampak pada stres psikologis. Remaja yang mulai mengenal cinta dan pacaran juga mengalami perubahan kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan paket edukasi chatting dan game terhadap tingkat stres dan pemahaman pacaran sehat pada remaja selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian praeksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Sampel sebanyak 60 siswa diambil dengan teknik simple random sampling pada remaja di daerah Kuta Utara. Data tingkat stres dikumpulkan menggunakan General Anxiety Dissorder 7 (GAD7) dan kuesioner pengetahuan pacaran sehat. Hasil analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon pada kedua variabel menunjukkan ada pengaruh pemberian intervensi chatting dan game terhadap tingkat stres dan pemahaman pacaran sehat dengan nilai p < 0,001.
- The Covid-19 pandemic is a global disaster that has had an impact on every aspect of human life, as well as in adolescents. The existence of physical distance and restrictions on direct association in adolescents who tend to be active can have an impact on psychological stress. They who are start to know about love and dating have to changes in habits. The aim of this study was to identify chatting and smart games health education packages toward adolescent stress levels and healthy dating knowledge in adolescent during Covid-19 pandemic. This study used a pre-experimental research design with one group pe-test and post-test design. 60 samples were chosen by simple random sampling. Data was collected by using General Anxiety Disorder 7 (GAD7) and knowledge of healthy dating questionnaire. The results of bivariate analysis with Wilcoxon test showed that there was an effect of chatting interventions and games on adolescent stress levels and also in dating knowledge (p < 0,001).