HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA MATA KULIAH TOEFL 2 (STUDI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014 REGULER AKTIF DI SEMESTER GANJIL 2015/2016 UNIVERSITAS ESA UNGGUL)
Main Authors: | Samantha, Rosa Almira Elisse; Fakultas Psikologi Univeritas Esa Unggul Jln. Arjuna Utara Tol Tomang Kebun Jeruk, Jakarta 11510, Rozali, Yuli Asmi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Psikologi
, 2017
|
Online Access: |
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1787 http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1787/1607 |
Daftar Isi:
- AbstractThe low achievement in TOEFL 2 subject can obstruct student learning process. The low ach ievement was affected by self-efficaccy. The Purpose of this research is to determine correlation between self efficacy and achievement TOEFL 2 subject in Esa Unggul University students. The research used quantitative non-experimental correlational method with proportionate stratified random sampling, consisted of 100 active students of 2014 in academic year 2015/2016.Reliability coefficient of self efficacy scale (α) = 0,902 with 34 valid items. Based on the statistics pearson product moment yielded sig = 0,000 ( p <0.05), correlation value (r)= 0.347. It means, there is positive correlation between self efficacy and Achievement TOEFL 2 subject on participants of TOEFL 2 class in Esa Unggul University. There were 51 students (51%) who have high self-efficacy and 49 students (49%) who have low self-efficacy. There is no correlation between learning achievements and gender and english course experience. Keyword: self efficacy , TOEFL 2 achievement , university students AbstrakRendahnya prestasi belajar TOEFL 2 mahasiswa UEU menghambat proses belajar. Rendahnya prestasi belajar TOEFL 2 salah satunya dipengaruhi oleh self efficacy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan self Efficacy dengan prestasi belajar pada peserta mata kuliah TOEFL 2 di Universitas Esa Unggul. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif korelasional non-eksperimental dengan proportionate stratified random sampling, berjumlah 100 mahasiswa angakatan 2014 yang aktif di semester ganjil 2015/2016. Koefisiensi reliabilitas alat ukur self efficacy (α) = 0,902 dengan 34 item valid. Berdasarkan uji statistik diketahui ada hubungan positif antara self efficacy dengan prestasi belajar pada peserta mata kuliah TOEFL 2 di Universitas Esa Unggul (p= 0,000, p<0,05), dan r= 0.347. Mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi, berjumlah 51 mahasiswa (51%), dan rendah berjumlah 49 mahasiswa (49%). Dan tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan jenis kelamin dan pengalaman kursus bahasa inggris.Kata Kunci : self efficacy, prestasi belajar TOEFL 2, mahasiswa