Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Di Kelompok B TK Ki Hajar Dewantara

Main Authors: Hartati, Sri, Hajerah, Hajerah, Zainuddin, Isnawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Profesi Kependidikan , 2022
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/30165
https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/30165/14106
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode eksperimen di kelompok B TK Ki Hajar DewantaraTahun Pelajaran 2019/2020. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran melalui tiga siklus yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hasil tindakan dan refleksi diperoleh hasil bahwa pada pra siklus 67% anak yang belum tuntas dan 33% anak yang sudah tuntas. Siklus 1 ada peningkatan 50% yang capaian perkembangan kognitifnya sudah pada tahap berkembang sesuai harapan dari kondisi awal yang hanya 33%. Kemudian pada siklus dua ada peningkatan lagi menjadi 83% yang capaian perkembangan kognitifnya ada pada tahap berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Keadaan makin membaik pada siklus tiga yakni dengan adanya peningkatan menjadi 100% yang ada pada tahap capaian perkembangan berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Adapun indikator pencapaian perkembangan kognitif anak dalam penelitian ini adalah 90%. Sehingga perbaikan kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran metode eksperimen dikatakan berhasil karena sudah mencapai target yang ingin dicapai yakni 100% anak kelompok TK Ki Hajar DewantaraTahun Pelajaran 2019/2020 melalui pembelajaran dengan metode eksperimen meningkat kemampuan kognitifnya.Kata kunci: Metode Eksperimen, Kemampuan Kognitif