Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Percaya Diri Peserta Didik Kelas XII Asisten Keperawatan SMK YPIB Majalengka
Main Authors: | Pertiwi, Bunga Dewi, Adnan, Adnan, Nur, Ernawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Profesi Kependidikan
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/28817 https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/28817/13732 |
Daftar Isi:
- Siswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan lebih aktif dalam proses pembelajaran serta yakin akan kemampuannya sendiri. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, menunjukkan bahwa percaya diri siswa sangatlah rendah. Padahal sebelumnya guru telah berusaha menerapkan model saat pembelajaran. Hal ini terlihat saat melakukan presentasi, rata-rata dari siswa masih kurang percaya diri ketika menyampaikan hasil diskusi dan saling lempar untuk menanggapi pertanyaan dari temen-temennya. Model pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut adalah Model PBL (Problem Based Learning) yaitu model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan kemampuan percaya diri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Skema Hopkins. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Asisten Keperawatan Sekolah Menengah Kejuruan YPIB Majalengka. Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan model PBL (Problem Based Learnin) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan di atas, penerapan model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan percaya diri siswa dalam proses pembelajaran hal ini ditunjukkan pada Siklus 1 sebesar 42,8% dengan kategori rendah. Siklus 2 sebesar 53,8% dengan kategori sedang dan Siklus 3 sebesar 81,8 dengan kategori Tinggi atau meningkat 27,7%,Kata Kunci : Problem Based Learning, Percaya diri, Peserta didik.