Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kledung
Main Authors: | Oktarini, Tri Siwi, Jusniar, Jusniar, Arsani, Rostina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Profesi Kependidikan
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27337 https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27337/13606 |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Kledung didominasi oleh aktivitas guru. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas peserta didik dalam proses mengkonstruksi pengalaman belajar. Hasil belajar peserta didik rendah, kurang dari 50% yang mencapai ketuntasan belajar. Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar pada materi Gerak. Hasil penelitian ditemukan aktivitas siklus 1, 2 dan 3 mengalami peningkatan keaktifan peserta didik. Ketercapaian KKM hasil belajar siklus 1 adalah 29,4%, siklus 2 dan siklus 3 adalah 58,8% dan 80 %.Kata Kunci : Model Pembelajaran, PBL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA