KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENDIDIKAN KOTA BITUNG1
Main Author: | Kalenge, Neil Argha |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL POLITICO
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/8543 http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/8543/8118 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPelayanan publik merupakan salah satu tugas penting yang tidak dapat diabaikan olehpemerintah daerah, sebab jika komponen pelayanan terjadi stagnasi maka hampir dipastikan semuasektor akan terkena dampaknya. Oleh sebab itu perlu ada perencanaan yang baik dan bahkan perludiformulasikan standar pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kewenangan yang diberikan olehpemerintah pusat pada pemerintah daerah. Salah satu peningkatan pelayanan yang perlu dilakukanoleh pemerintah daerah adalah meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan.Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bitung. Dalam penelitian ini dilakukandengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan obyek yangakan diteliti, penelitian deskriptif memperoleh gambaran yang sistematis faktual, dan akuratmengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian iniobyek yang akan diteliti yaitu penyelenggaraan pelayanan publik dalam bidang pendidikan di KotaBitung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dengan melakukan observasi, wawancara dandokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu: Kadis Pendidikan, Kepala-kepala Bidang, Guruguru.Kualitas manusia dalam suatu instansi diwujudkan oleh pegawai itu sendiri dalammelaksanakan tugas kesehariannya, seperti loyalitas pada instansi, hubungan dengan pelanggan,kerjasama dengan karyawan lain, pengalaman kerja berkelompok, hubungan kerjasama antar unitkerja, dan komitmen untuk merealisasikan keputusan strategis. Dengan mewujudkan kualitassumberdaya manusia yang baik dalam tugas kesehariannya, maka instansi dapat memiliki intangibleassets yang punya pengaruh. Dinas Pendidikan Kota Bitung harus mempertahankan ataupun lebihmeningkatkan kualitas pelayan yang ada di dinas pendidkan kota Bitung dengan menjalin hubunganbaik antar sesama pegawai,atasan dengan bawahan begitu juga sebaliknya.Kata Kunci: Pelayanan Publik, Dinas Pendidikan