AKUNTABILITAS DALAM PELAYANAN PUBLIKDI DESA KANONANG I KAWANGKOAN BARAT KABUPATEN MINAHASA1
Main Author: | Meruntu, Jossie |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL POLITICO
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/10042 http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/10042/9628 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTerkait dengan konsep Good Governance, dalam prakteknya aparat Kecamatan dituntutuntuk dapat mempertanggungjawabkan atas kewenangan yang diembannya. Dalam halmempertanggungjawabkan kewenangannya inilah aparat pemerintah dituntut untuk menjalankanasas-asas akuntabilitas kinerja.Sesuai dengan Inpres Nomor 7 Tahun 1999 yang menyatakanbahwa akuntabilitas kinerja adalah “Perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untukmempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalammencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan”.Akuntabilitas kinerja ini dilaksanakan melaluialat pertanggungjawaban secara periodik.Banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat terhadap pelayanan dari pemerintahbaik yang secara langsung maupun melalui media massa menimbulkan citra yang buruk kepadapemerintah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mencoba untukmendeskripsikan akuntabilitas pelayanan public di desa Kanonang Satu Kecamatan KawangkoanBarat Kabupaten Minahasa.Key Words: Akuntabilitas, Pelayanan Publik