Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pemahaman Konsep Tentang Teori Kinetik gas dengan Metode Diskusi dan Tanya Jawab pada Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Pontianak Tahun 2009

Main Authors: ., Suminem, Khaeriyah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tanjungpura , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/2204
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/2204/2148
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sains (Fisika) siswa dengan menerapkan melalui pemahaman konsep tentang teori kinetik gas dengan metode diskusi dan tanya jawab pada siswa kelas XI IPA Pontianak tahun 2009. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan (3 siklus). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2008/2009 Pontianak pengumpulan data melalui ulangan dengan materi Teori Kinetik Gas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi dan kreatif siswa , hal ini dapat dibuktikan dari hasil ulangan dari siklus 1 sampai ke siklus 3 adanya peningkatan perolehan yang didapat pada siklus ke 3 menunjukkan dari 36 siswa (100%) telah berhasil .jadi secara umum pembelajaran menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: teori kinetik gas, penelitian tindakan kelas, diskusi dan tanya jawab