Persepsi Guru PAUD Terhadap Kompetensi Pedagogik
Main Authors: | Natalia, Eunike Desta, rini, riswanti, Sofia, Ari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FKIP UNILA
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/13431 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/13431/pdf |
Daftar Isi:
- The problem of the research was many teachers who carry out learning activities that are not compatible with learning plan. The study aimed to describe the understanding of certified teacher of early childhood education towards pedagogic competence. This research was conducted at 7 PAUD institutions in South Lampung district. The research was used descriptive quantitative design. The samples in this research were 30 teachers who have been certified in South Lampung district. Data were collected by questionnaire. The data were analyzed by using statistic descriptive quantitative. The results showed that level of teacher understanding in pedagogic competence were 80,00% in good category and 20,00% in enough category. Masalah dalam penelitian ini yaitu masih banyaknya guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru PAUD yang sudah tersertifikasi tentang kompetensi pedagogik. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Waktu penelitian ini yaitu pada bulan februari 2017. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 guru PAUD yang sudah tersertifikasi di Kabupaten Lampung Selatan. Pengumpulan data melalui kuisoner/angket.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan tingkat pemahaman kompetensi pedagogik guru PAUD yang tersertifikasi 80,00% masuk dalam kategori baik dan 20,00% masuk dalam kategori cukup.Kata Kunci: kompetensi pedagodik, guru anak usia dini, persepsi guru