Penerapan InteractiveScrabble Game dalam MeningkatkanPerbendaharaan Glosarium GeografiKelas 8 pada Kelas Akselerasi di SMP Negeri 3 Jember

Main Author: Margi U., Jatim Kristina; FKIP UNEJ
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pengembangan Pendidikan , 2014
Online Access: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/855
http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/855/669
Daftar Isi:
  • Abstrak. Scrabble Game merupakan permainan yang sering dimainkan olehseluruh kalangan tanpa memandang usia dan kultur budaya. Penerapan kegiatanpermainan ini didasari atas sangat kurangnya pengusaan perbendaharaanistilah-istilah (glosarium) Geografikelas 8 yang merupakan kelas akselarasi di SMP Negeri 3 Jember. Dimana kelasakselarasi memiliki karakteristik merupakan kelas yang berisikan siswa-siswaunggulan yang dirancang untuk menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih cepatdari kelas reguler. Rasa bosan,jenuh,dan lelah selalu menghinggapi siswa-siswikelas akselerasi, sehingga dibutuhkaan kreatifitas dari seorang guru untukmelakukan perubahan dalam pola prosesbelajar mengajar di kelas akselerasi. Penerapan interctive scrabble game dilakukan dengan membagi kelas dalam 2(dua) kelompok besar,yang disebut sebagai kelompok scrabble (KS, kelompokeksperimen) dan kelompok konvensional (KK, kelompok kontrol) masing-masingterdiri dari 3 kelompok kecil (=1 kelompokkecil terdiri 2 siswa). Pada kelompokkonvensional melakukan kegiatan penerimaan glosariumsecara konvensional, sedangkan pada kelompok scrabble menerima glosarium dan menyusun sesuai dengankeinginan kelompok kecil. Setelahseluruh siswa menerima istilah geografi, dilakukan test dengan menggunakanwaktu selama 20 menit untuk mereview kembali isitilah (glosarium). Hasil penelitian menunjukkan selama 15 menit kelompokkonvensional rata-rata mampu mengingat dan menghafal sebanyak 15 glosarium dari 30 glosarium, sedangkan pada kelompok scrabble rata-rata mampumengingat dan mengahfal sebanyak 25 glosarium dari 30 glosarium. Sehingga penerapan interctivescrabble game meningkatakan pengusaan perbendaharaan glosarium sebesar 34 % dari pola PBM yang konvensional. Kata Kunci : ScrabbleGame, Kelas Akselerasi,SMP Negeri 3 Jember