DASAR WACANA ARGUMENTATIF DARI HIPERTEKS UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PEMAKAI TERHADAP INFORMASI PENDIDIKAN SAINS

Main Authors: Siregar, Nelson, Alwasilah, Chaedar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia , 2005
Online Access: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/353
http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/353/263
Daftar Isi:
  • Melihat telah mendunianya sistim informasi berbasis web, isu pemanfaatannya perlu diarahkan pada pengembangan informasi pendidikan sains. Namun, disayangkan bahwa hanya sebagian kecil dari komunitas perguruan tinggi yang mampu memanfaatkannya yang kiranya merupakan kesenjangan yang perlu dijembatani. Makalah ini berpandangan bahwa sifat dasar fleksibilitas hiperteks kiranya mampu menjembatani kesenjangan ini. baik dalam menangani keragaman keinginan maupun kemampuan pengguna. Sifat dasar ini meningkat jika proses pengembangan ilmu berdasarkan wacana argumentatif diterapkan terhadap hiperteks. Hiperteks seperti ini diharapkan mampu berfungsi adaptif terhadap bagaimana pengguna menangani dan mengembangkan pengetahuannya. Suatu ilustrasi pengembangan hiperteks untuk siswa SMU ditampilkan sebagai upaya awal.