PENGEMBANGAN PERKULIAHAN BERBASIS TIK GeneTIK UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI

Main Authors: Riandi, Mr, Rustaman, Nuryani, Santoso, Oerip S, Liliasari, Ms
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia , 2015
Online Access: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/298
http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/298/209
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian mengenai pengembangan sistem perkuliahan berbasis TIK untuk meningkatkan kebermaknaan belajar mahasaiswa biologi. Penelitian dilakukan secara eksperimental terhadap 80 orang mahasiswa calon guru biologi peserta kuliah genetika yang dicuplik secara acak dari total mahasiswa 156 orang. Untuk keperluan tersebut sampel penelitian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah mahasiswa untuk masing-masing kelompok 40 orang. Kelompok eksperimen mengikuti perkuliahan genetika melalui sistem perkuliahan berbais TIK (GeneTIK) sedangkan kelompok kontrol mengikuti perkuliahan tatap muka reguler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan melalui GeneTIK belajarnya lebih baik dibandingkan dengan yang mengikuti perkuliahan secara regular. GeneTIK juga dapat meningkatkan kebermaknaan belajar mahasiswa berdasarkan perhitungan rata-rata N-gain 0,3218 (±0,21) untuk kelompok eksperimen dan 0,2385 (±0,16) untuk kelompok kontrol.Kata kunci: Genetika, GeneTIK, Kebermaknaan belajar