PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Main Author: Fatmawati, Mr Baiq
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia , 2011
Online Access: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/224
http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/224/139
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian difokuskan pada kegiatan merancang proyek pada topik fermentasi. Penelitian dilakukan di sebuah perguruan tinggi di Lombok terhadap mahasiswa pendidikan biologi semester V (n=34 orang). Data dikumpulkan menggunakan tes berpikir kreatif dengan cara mengisi komponen-komponen rancangan yang meliputi permasalahan, solusi-solusi alternatif, tujuan dan cara kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif mahasiswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan dengan Ngain sebesar 0,52. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sebagian besar (50%) dikategorikan ke dalam kategori sedang, sebagian kecil kategori rendah (23,5%) dan tinggi (26,5%).Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, berpikir kreatif, mikrobiologi