PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN SOMBER 4 SAMPANG
Main Author: | Mulyono, Adi; Dinas Pendidikan SDN Somber 4 Tambelangan Sampang |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/6195 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA materi organ pencernaan manusia melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN Somber 4 Tambelangan Sampang yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 19 siswa putra dan 11 siswa putri. Aspek yang menjadi indikator keberhasilan penelitian ini meliputi presentasi dan tes uji kompetensi. Hasil belajar siswa kelas V SDN Somber 4 materi organ pencernaan manusia masih sangat rendah. Kesulitan ini dialami siswa disebabkan karena materi yang telah dipelajari siswa tidak melekat untuk periode waktu yang lama. Setelah digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw yaitu menciptakan kelompok kerja yang efektif, setiap siswa akan merasa bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik, bertatap muka dan berdiskusi maka hasil belajar siswa materi organ pencernaan manusia mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar peningkatan keberhasilan rata-rata indikator materi organ pencernaan manusia dari kondisi awal ke siklus I yaitu nilai rata-rata kelas 50,1 menjadi 63,3, dan pada siklus dua nilai rata-rata kelas mencapai 76,2 hal ini sudah mencapai target KKM IPA yaitu 70. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Organ Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V SDN Somber 4. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Abstract. Target of this research to improve result learn IPA of human digestive organ being through Cooperative Model of Jigsaw at class student V SDN Somber 4 Tambelangan Sampang insist on 30 student,that consist 19 boys and 11girls. Indicator efficacy of this research is presentation and competency test. Learning result class V SDN Somber 4 in human digestive organ being still is very low. It is caused items which have been studied student do not save for long time. Apply Method Study of Cooperative Model of Jigsaw that is creating effective working team, every student will feel accountable for do best, looking in the face and discusing hence improve learning result of human digestive organ. In cycle I that is class average value 50,1 becoming 63,3, and average value of two class in cycle II is 76,2 so it have reached goals of KKM IPA that is 70. Thereby applying of Cooperative Model of Jigsaw can improve learning result IPA of Human digestive Organ of Student Class V SDN Somber 4 Sampang. Key words: learning result, Cooperative Model of Jigsaw