PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH FISIKA ZAT PADAT MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY DI UM MALANG
Main Author: | Parno, |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
, 2009
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/5319 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Fisika Zat Padat (FZP) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa prodi Fisika. Pembelajaran tahun 2005/2006, yang menggunakan diktat kuliah yang disusun oleh dosen pembimbing dan disampaikan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta evaluasinya menggunakan soal obyektif, menghasilkan prestasi belajar yang yang masih rendah, yaitu 42,51. Dengan metode pembelajaran yang sama, tahun2006/2007 dikembangkan modul sebagai pendamping diktat kuliah, juga menghasilkan prestasi belajar masih rendah, yaitu 44,36. Pembelajaran tahun 2007/2008 menggunakan peta konsep dan model pemecahan masalah, juga belum mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Alternatif solusinya adalah pada tahun 2008/2009 pembelajarannya menggunakan model Student Team Achievements Divisions (STAD) dalam kegiatan Lesson Study (LS). Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental rancangan pra-post tes dalam satu kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskripsi proses pembelajaran model STAD dalam kegiatan LS pada matakuliah FZP dengan alokasi waktu 3 js/minggu adalah (a) persiapan perkuliahan (tahap Plan LS); (b) pertemuan awal: tes awal, memaparkan tujuan matakuliah FZP, kuliah singkat tentang pembelajaran model STAD dan pembentukan kelompok heterogen; (c) pembelajaran model STAD, yang mana pada satu pertemuan di separoh pertemuan total diselenggarakan tahap Do dan See LS, dan penyebaran angket respon mahasiswa pertama, serta hasil diskusi refleksi langsung diimplementasikan pada pertemuan selanjutnya selama separoh pertemuan total; dan (c) pertemuan akhir: tes akhir dan penyebaran angket respon mahasiswa kedua; (2) pembelajaran model STAD dalam kegiatan LS dapat meningkatkan gain score pretes-postes prestasi belajar mahasiswa dalam matakuliah FZP, yang ditandai oleh gain score ternormalisasi rata-rata pada pembelajaran materi bagian II sesudah kegiatan LS (<g >= 0.78 berkategori tinggi) lebih tinggi daripada pada materi bagian I sebelum LS (<g >= 0.47 berkategori medium); dan(3) pembelajaran matakuliah FZP dalam kegiatan LS memperoleh respon positip mahasiswa pada pembelajaran materi bagian II sesudah kegiatan LS (93,24%) lebih tinggi daripada pada materi bagian I sebelum LS (90,74%).