PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH FISIKA ZAT PADAT MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY DI UM MALANG

Main Author: Parno,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains , 2009
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/5319
Daftar Isi:
  • Abstrak:  Fisika Zat Padat (FZP) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa prodi Fisika.  Pembelajaran tahun 2005/2006, yang menggunakan diktat kuliah yang disusun oleh dosen  pembimbing dan disampaikan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab serta evaluasinya menggunakan soal obyektif, menghasilkan prestasi belajar yang  yang masih rendah,  yaitu 42,51.  Dengan metode  pembelajaran  yang sama, tahun2006/2007 dikembangkan modul sebagai pendamping diktat kuliah, juga menghasilkan prestasi belajar masih rendah, yaitu 44,36. Pembelajaran tahun 2007/2008 menggunakan peta konsep dan model pemecahan masalah, juga belum mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Alternatif solusinya adalah pada tahun 2008/2009 pembelajarannya menggunakan model Student Team Achievements Divisions  (STAD) dalam kegiatan Lesson Study  (LS). Desain penelitian  ini adalah pre-eksperimental rancangan pra-post tes dalam satu kelompok. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  (1)  deskripsi  proses pembelajaran model  STAD  dalam  kegiatan  LS  pada  matakuliah FZP dengan alokasi waktu 3 js/minggu adalah (a) persiapan perkuliahan (tahap  Plan LS); (b) pertemuan awal: tes awal, memaparkan tujuan matakuliah FZP, kuliah singkat tentang pembelajaran model STAD dan pembentukan kelompok heterogen; (c) pembelajaran model STAD, yang mana pada satu pertemuan di separoh pertemuan total diselenggarakan tahap Do dan See  LS, dan penyebaran angket respon mahasiswa pertama, serta hasil diskusi refleksi langsung   diimplementasikan pada pertemuan selanjutnya selama separoh pertemuan total; dan (c)  pertemuan  akhir:  tes  akhir  dan penyebaran  angket  respon  mahasiswa  kedua;  (2) pembelajaran  model  STAD dalam kegiatan  LS  dapat  meningkatkan  gain  score  pretes-postes  prestasi  belajar  mahasiswa dalam  matakuliah FZP, yang  ditandai oleh  gain  score  ternormalisasi  rata-rata pada pembelajaran materi bagian II sesudah kegiatan LS (<g >= 0.78 berkategori tinggi) lebih tinggi daripada pada materi bagian I sebelum LS (<g >= 0.47 berkategori medium); dan(3) pembelajaran matakuliah FZP dalam kegiatan LS memperoleh  respon positip mahasiswa pada pembelajaran materi  bagian  II  sesudah kegiatan  LS  (93,24%) lebih tinggi daripada pada materi bagian I sebelum LS (90,74%).