PENGARUH PENERAPAN RESITASI PADA MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA TAHUN PERTAMA BERSAMA PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA

Main Author: Dwikoranto,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains , 2009
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/5318
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pada tahun pertama bersama, mahasiswa semua jurusan di FMIPA, termasuk mahasiswa dari jurusan MATEMATIKA memperoleh matakuliah dasar Fisika Dasar I dan Fisika Dasar II. Menjadi tantangan bagi dosen-dosen muda pengajar Fisika Dasar agar penguasaan konsep yang akan diterima oleh mahasiswanya maksimal. Dengan keterbatasan waktu dan peralatan laboratorium yang ada, maka dosen tersebut harus inovatif dalam pembelajarannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penguasaan konsep fisika  mahasiswa jurusan Matematika dengan  resitasi dalam setiap tugasnya dan tanpa resitasi dalam setiap tugasnya. Selanjutnya diselidiki apakah penguasaan konsep fisika mahasiswa jurusan Matematika yang diberi resitasi lebih baik daripada  tanpa resitasi dalam setiap tugasnya. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan membandingkan satu kelas kontrol (kelompok mahasiswa yang tanpa resitasi dalam setiap tugasnya) dan satu kelas eksperimen (kelompok mahasiswa dengan resitasi dalam setiap tugasanya).  Penelitian ini dilakukan di jurusan jurusan Matematika dengan resitasi dalam setiap tugasnya dan tanpa resitasi dalam setiap tugasnya. Kemudian dari hasil analisis selanjutnya yakni uji satu pihak (uji pihak kanan) pada taraf signifikansi yang sama diperoleh t1 = 5,82 lebih dari  2,42.  Dari hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep fisika mahasiswa jurusan Matematika dengan resitasi lebih baik daripada tanpa resitasi pada mata kuliah Fisika Dasar.