IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR
Main Author: | Pramonoadi, |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
, 2009
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/5314 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian yang telah dilaksanakan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian eksperimental dengan desain Control Group Pretest Posttest. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual. Hal ini dilator belakangi bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan umumnya masih berpusat pada guru. Model pembelajaran cenderung menitikberatkan pada komunikasi searah, aktivitas siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar kurang dikaitkan dengan dunia nyata siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas X sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 dan X-7 yang ditentukan secara random. Penelitian dimulai dengan memberikan pre-test pada sampel penelitian, selanjutnya dilakukan kegiatan pembelajaran dan observasi. Pada akhir kegiatan penelitian dilakukan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t. dari pengujian hipotesis dengan uji kesamaan dua rata-rata (uji t dua pihak) diperoleh nilai thitung = 2,167. Sedangkan nilai ttabel dari daftar tabel distribusi t dengan taraf signifikan a = 0,05 dan dk = 61 didapat nilai = 2,00. Berdasarkan perbandingan kedua nilai tersebut menunjukkan bahawa thitung > ttabel. Dari pengujian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual berbeda dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan pembelajaran penemuan terbimbing tanpa pendekatan kontekstual. Sedangkan dari pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak diperoleh nilai thitung = 2,167 dan ttabel dari daftar tabel distribusi t dengan taraf signifikan a = 0,05 dan dk = 61 didapat nilai = 1,67. Sehingga terlihat bahwa pada kelas kontrol kelas eksperimen memilki thitung > ttabel . Hal ini berarti bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen n bahwa penerapan pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dari angket diketahui bahwa respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual adalah positif.