KREATIFITAS SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TERBUKA

Main Author: Siti Khabibah,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains , 2009
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/5313
Daftar Isi:
  • Abstrak: Gambaran yang tampak dalam bidang pendidikan, pembelajaran menekankan lebih pada hafalan dan mencari satu jawaban yang benar untuk soal-soal yang diberikan. Proses pemikiran tinggi termasuk berpikir kreatif jarang dilatihkan. Padahal kreativitas sangatlah bermakna bagi pengembangan potensi anak secara utuh dan bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Walaupun demikian, namun tidak mudah untuk melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan sekaligus melatih siswa berpikir kreatif. Banyak sekali kendala yang harus dihadapi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa adalah Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka. Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka adalah model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kreativitas siswa, karena model tersebut menggunakan soal-soal terbuka dalam Lembar Aktivitas Siswa, yaitu soal-soal yang mempunyai lebih dari satu jawaban benar. Berdasar analisis data yang dilakukan diperoleh (a) Pada LAS 1, hanya sebanyak 10 siswa dari 38 siswa, yaitu sekitar 26,3% siswa yang mampu membuat cerita yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa rendah. (b) 100% siswa bisa memenuhi permintaan dari LAS 2.  Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah terbiasa dengan soal terbuka, sehingga kreativitas siswa sudah mulai meningkat.  (c) Pada LAS 3, sebanyak 34 siswa dari 38 siswa, yaitu sekitar 89,5% siswa sudah menunjukkan kreativitasnya dalam menemukan persamaan linier satu variabel serta menyebutkan komponen-komponenya.(d) Sebanyak 32 siswa dari 38 siswa atau sekitar 84,2 % siswa telah kreatif. (e) Sebagian besar siswa mengalami peningkatan kreativitas. Hal ini tampak dari hasil pengerjaan LAS 5a (iv) ke LAS 5b (i), yaitu sebanyak 34 siswa dari 36 siswa, atau sekitar 94,4 % siswa menunjukkan hasil yang cukup baik pada saat mengerjakan LAS 5b.Berdasar pada pembahasan di atas, menunjukkan bahwa kreativitas siswa kelas VII  SMP Negeri 30 dalam menyelesaikan soal terbuka cukup tinggi.