HUBUNGAN KEMAMPUAN VERBAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Author: | , Rustam; FKIP Universitas Sembilan Belas November Kolaka |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pmipa/article/view/15981 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan verbal dan penyesuaian diriterhadap prestasi belajar matematika siswa SMPNegeri Satap 2 Watubangga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post fakto yang berbentuk korelasional dengan menggunakan analisis regresi berganda. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Satap 2 Watubangga dengan jumlah 16 siswa dan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, nilai raport. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap deskriptif data kemudian dilakukan uji persyaratan analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan verbaldan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Satap 2 Watubangga dengan persamaan regresi berganda yang diperoleh yaitu = -2,23 + 1,135X1 – 0,035X2. Kata Kunci: Kemampuan Verbal, Penyesuaian Diri, dan Prestasi Belajar Matematika This research is aimed for describing realtionship between verbal ability and self adjustment to mathematics learning achievement from the student of SMP Negeri Satap 2 Watubangga. The kind of the research is ex-post facto that shaped correlational with using multiple regression analysis. The population of the research by using total sampling that is all the student of VII grade in SMP Negeri Satap 2 Watubangga that consist of 16 students. The collecting of the data using test, questionnaire, and thevalue of report cards.The data analysis technique through data description and test requirements analysis. The result of the research show that there is positive and significant influence between verbal ability and self adjustment to learning achievement of mathematics from the student of VII grade in SMP Satap 2 Watubanggawith multiple regression equation = -2,23 + 1,135X1 – 0,035X2. Keywords: Verbal Ability, Self Adjustment, and Learning Achievement of Mathematics