PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS XII IPS SMA

Main Authors: Sahade, Sahade; Universitas Negeri Makassar, A. Ngampo, M. Yusuf; Universitas Negeri Makassar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4428
http://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4428/2563
Daftar Isi:
  • Peneliti menggunakan metode kuasi eksperimental. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Populasi pada penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis melalui versi SPSS 20.0. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menerapkan model discovery learning pada kelas eksperimen I dan Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen II. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes tulis dan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dalam tiga domain, yaitu: kognitif, psikometrik, dan afektif.