PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SDN MIJI 2 KOTA MOJOKERTO

Main Authors: AGUSTIN SANDRAWATI, RENI Agustin; Jurusan S-1 PGSD FIP UNESA, GUNANSYAH, GANES
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/652
Daftar Isi:
  • Tujuan pelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa, keterampilan komunikasi siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kelompok, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Miji 2 Kota Mojoketo yang berjumlah 39. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterampilan komunikasi, dan angket. Teknik yang digunakan berupa data kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan mencari nilai presentase keberhasilan dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, siswa, keterampilan komunikasi siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan selama tiga siklus dengan masing-masing presentase ketuntasan. Model pembelajaran investigasi kelompok pada layak untuk diterapkan. Kata kunci : Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Mata Pelajaran IPS, Keterampilan Komunikasi