Etnomatematika Pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar

Main Authors: Putri, Nabilla Namira Permata, Mariana, Neni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2022
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45491
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45491/38535
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep geometri di sekolah dasar yang terdapat pada Candi Sumur dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tahapan dalam penelitian ini dibagi menjadi empat tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Subjek penelitian yang dipilih yaitu juru kunci Candi Sumur, guru SD dari empat SD negeri di Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya konsep geometri di sekolah dasar pada Candi Sumur Sidoarjo seperti, bentuk bangun datar persegi yang ditemukan pada dasar sumurnya sehingga sumur itu sendiri berbentuk balok sebagai salah satu keunikannya. Terdapat juga bentuk bangun datar persegi panjang, trapesium, segitiga, dan jajar genjang di badan candi. bentuk bangun ruang balok, dan bentuk bangun ruang limas segi empat yang ditemukan pada atap Candi Sumur yang menghadap arah utara sedangkan atap yang menghadap arah selatan memiliki bentuk bangun ruang limas segi empat terpancung. Implikasi dari temuan konsep geometri pada Candi Sumur tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran matematika berbasis budaya di sekolah dasar. Kata Kunci : etnomatematika, matematika sekolah dasar, geometri, Candi Sumur