PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI MERONCE DARI BAHAN ALAM MELALUI PEMANFAATAN UNSUR SENI RUPA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 1 SUKODADI LAMONGAN

Main Authors: Sari, Reni Luvita, Suprayitno, Suprayitno
Format: Article info application/msword eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2021
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39770
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39770/34718
Daftar Isi:
  • Terjadinya kesenjangan mengenai proses pembelajaran yang terbatas pada sebuah alat, bahan dan teknik kurang bervariasi karena hanya berpaku pada petunjuk di dalam buku siswa. Tujuan dari penelitian ini meliputi : 1) Mendeskripsikan tahap-tahap dikembangkan lembar kerja peserta didik seni budaya dan prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan unsur seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan pengembangan LKPD Seni Budaya dan Prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. 3) Mendeskripsikan respon siswa mengenai lembar peserta didik seni budaya dan prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan unsur seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Model penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pengembangan media ini pada validasi materi memperoleh presentase 95,2 %. Sedangkan validasi media memperoleh presentase 78 %. Pada tahap implementasi yang dilakukan pada siswa kelas I MI Muhammadiyah 01 Sukodadi Lamongan memperoleh presentase angket rerata 91% , sehingga kesimpulan yang didapat yaitu media pengembangan LKPD Seni Budaya dan Ketrampilan sangat layak digunakan.Kata Kunci: Pengembangan Media, LKPD Seni Budaya dan Ketrampilan, Materi Meronce.