PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI MERONCE DARI BAHAN ALAM MELALUI PEMANFAATAN UNSUR SENI RUPA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 1 SUKODADI LAMONGAN
Main Authors: | Sari, Reni Luvita, Suprayitno, Suprayitno |
---|---|
Format: | Article info application/msword eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39770 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39770/34718 |
Daftar Isi:
- Terjadinya kesenjangan mengenai proses pembelajaran yang terbatas pada sebuah alat, bahan dan teknik kurang bervariasi karena hanya berpaku pada petunjuk di dalam buku siswa. Tujuan dari penelitian ini meliputi : 1) Mendeskripsikan tahap-tahap dikembangkan lembar kerja peserta didik seni budaya dan prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan unsur seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan pengembangan LKPD Seni Budaya dan Prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. 3) Mendeskripsikan respon siswa mengenai lembar peserta didik seni budaya dan prakarya materi meronce dari bahan alam melalui pemanfaatan unsur seni rupa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Model penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pengembangan media ini pada validasi materi memperoleh presentase 95,2 %. Sedangkan validasi media memperoleh presentase 78 %. Pada tahap implementasi yang dilakukan pada siswa kelas I MI Muhammadiyah 01 Sukodadi Lamongan memperoleh presentase angket rerata 91% , sehingga kesimpulan yang didapat yaitu media pengembangan LKPD Seni Budaya dan Ketrampilan sangat layak digunakan.Kata Kunci: Pengembangan Media, LKPD Seni Budaya dan Ketrampilan, Materi Meronce.