PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ULAR TANGGA MELINGKAR PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Authors: Dana, Dwiky Satria, mulyani, Mulyani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2020
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/37024
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/37024/32964
Daftar Isi:
  • Kurangnya penggunaan dan inovasi media dalam kegiatan pembelajaran dapat mengakibatkan kurang menariknya kegiatan pembelajaran dan rendahnya semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kevalidan media pembelajaran permainan papan ular tangga pada mata pelajaran  IPA dalam materi gaya. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan  model ADDIE yang diadaptasi dari Suryani. Hasil penilaian dari dua validator materi mendapatkan persentase sebesar 77,5% dan 80%. Penilaian dari dua validator media mendapatkan persentase sebesar 83,33%, 85,41%, dan 91,66%. Berdasarkan hasil yang didapat maka disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan “sangat valid” dan materi dinyatakan “valid”. Kata Kunci: pengembangan, permainan papan ular tangga, materi gaya.