PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
Main Author: | -, DJUBAIDAH; Jurusan PGSD FIP UNESA |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2032 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini memberi solusi terhadap permasalahan kurang bermaknanya pembelajaran IPS khususnya hasil belajar siswa rendah. Dengan menggunakan media gambar pahlawan dalam model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) selama proses pembelajaran sehingga aktivitas dan motivasi belajar siswa lebih terarah dan bermakna dan membawa peningkatan hasil belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pahlawan dalam model pembelajaran kooperatif sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V SDN Pacarkembang VI/197 Surabaya. Kata Kunci : Media Gambar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar IPS Abstract: Class Action Research this aims to know activity step-up learns and student and student studying result by use of image media in model kooperatif's learning STAD type. This research give solution to about problem less wherewith social studies learning in particular student studying result contemns. By use of hero image media in model kooperatif's learning Student Team Achievement Division (STAD) up to learning so activity process and more student studying motivation is aimed and wherewith and takes in result step-up study student. Finding observationaling to point out that media purpose draws hero in model kooperatif's learning so effective increase student studying result social studies subject for student to braze v SDN Pacarkembang VI / 197 Surabaya. Key word: Pictured media, Cooperative Learning model STAD type, Social Studies Learned result