PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: MALAYA PUTRI, DELLA, , Suryanti
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15717
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui: tingkat penguasaan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan SAVI, gambaran aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitaif yang berwujud angka-angka sebagai hasil perhitungan dan pengukuran disertai dengan penjabarannya berdasarkan hasil tes keterampilan pemecahan masalah serta pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada siklus 1 dan 2, yaitu 72% ke 84%. Aktivitas siswa pada siklus yang sama juga mengalami peningkatan dari 70,25% ke 77,00%. Demikian pula aktivitas guru pada siklus yang sama pula juga menunjukkan peningkatan dari 68,97% ke 80,17%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk memecahkan masalah, dan juga meningkatkan aktivitas siswa dan guru karena pendekatan SAVI menjadikan siswa dan guru lebih aktif dan melibatkan seluruh anggota tubuhnya saat pembelajaran berlangsung.               Kata kunci: pendekatan SAVI, peningkatan keterampilan pemecahan masalah     Abstract The aim of this study is to ascertain : the level of understanding the problem solving using the SAVI approach, an overview of student and teacher’s activities. This study used a collaborative class action study design between researcher and classroom teacher with tangible qualitative and quantitative descriptive method as the result of calculations and measurements along with the explanations based on the results of test problem solving skills as well as observations of the activities of students and teacher.  The results showed an increase in problem-solving skills in cycle 1 and 2, which is 72% to 84%. Activity of students in the same cycle also increased from 70.25% to 77.00%. Similarly, the activities of teachers in the same cycle as well also showed an increase from 68.97% to 80.17%. Thus, it can be concluded that SAVI approach can improve the skills of students to solve problems, and also increases the activity of the students and teachers as SAVI approach makes students and teachers were more active and involve all members of the body while learning takes place.  Keywords: SAVI approach, improved problem-solving skills