PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 8 DI SDN BABATAN I/456 SURABAYA
Main Authors: | APRINA WATI, AJENG, Zuhdi, Ulhaq |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15707 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Babatan I/456 surabaya tahun ajaran 2014/2015 pada bulan Maret 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Pengambilan sampel menggunakan dengan teknil random smpling. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas kontrol dan 28 siswa kelas eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, yang berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung -5,376 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2.005 maka t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Babatan I/456 Surabaya. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), hasil belajar Abstract This research ains to know the influence combination of cooperative learning model type TGT (Teams Games Tournament) with model conventional learning to student learning outcomes on the theme ekosistem. The research in SDN Babatan I/456 Surabaya. The research is a quasi experimental study with nonequivalent (pre-test and post-test) control group design. The techinique sampling is simple random sampling. A sample of the study consisted 56 students, which 28 students in control group and 28 in experimental group. An instrument research is used the rest result learning by multiple choice test that has been test of validity and reliability. Analysis of data using t-test, obtained the value of t-count is -5,376 and t-table at the level significant in a α=0.05 is 2.005, amounting to then t-count > t-table. Therefore, it indicated that there are influence of combination of cooperative learning type TGT (Teams Games Tournament) with model conventional to student learning outcomes of the class V in the SDN Babatan I/456Surabaya. Keyword:cooperative learning, TGT, result of study.