PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV
Main Authors: | PATI NUHAN, THOMAS, , Purwanto |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15676 |
Daftar Isi:
- Abstrak Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian pembelajaran yang mempunyai peran penting dalam pendidikan. Namun sampai saat ini masih banyak siswa yang merasa matematika sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dan tidak menyenangkan. Meskipun matematika dianggap memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, namun setiap orang harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah sehari-hari. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, guru harus lebih inovatif yaitu salah satunnya pembelajaran menggunakan media konkret atau memanfaatkan benda-benda sederhana yang ada di lingkungan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media konkretterhadap hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangantrue eksperimen designyang menggunakan desain penelitianPretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang meliputipretest-posttest. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, homogenitas dan uji t. Pada uji validitas ditemukan 21 butir soal valid dari 30 butir soal, pada uji reliabilitas harga r11=0,700 (reliable), Pada uji homogenitas harga Fmax= 1,01 (homogen). Pada uji t diperoleh hasil bahwa thitung= 8,91 dan ttabel=2,00, sehingga thitung> ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV. Kata Kunci: penggunaanmedia konkret, hasil belajar. Abstract Mathematics was one component tof a series of learning who has an important rolein education. But untilnow there are many students who find math as a subject which is very difficult and unpleasant .Although mathematics is considered to has a high degree of difficulty, but everyone should learn it as a means to solve everyday problems. To create a quality learning process, teachers have to be more innovative by using concrete media orutilize simple objects in the environment. This study aims to determine the effect of concrete media on mathematics learning outcomes material integer addition operation in grade IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. The design of this study using the true experimental design especially pretest-posttest Control Group Design. Data collection was done by using a test that includes pretest-posttest. Analysis of the data who is usedint his study consisted of validity test, reliability test, homogeneity test and t-test. On the validity test was found 21 validitemsof 30 items, on thereliability test the value of R11=0,700(reliable), and on the homogeneity test,the value of f max=1.01(homogeneous). The results of the t test are tcount=8.91and ttable=2.00, so tcount> ttable. Based on these resultsit can be concluded that there is as ignificant influence on mathematics learning outcomes matter integer addition operation in Class IV. Keywords: concrete media use, learning outcomes.