PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | HARIATI, , Sukidi, Masengut |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15649 |
Daftar Isi:
- Abstrak Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting di sekolah dasar. Namun keterampilan menulis di sekolah dasar masih rendah, Siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang diberikan guru. Hal ini terjadi karena guru dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media kartu kata dan pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap keterampilan menulis kalimat sederhanan siswa kelas I SDN wiyung I/453Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes menulis kalimat. Analisis data menggunakan t-test. Hasil keterampilan menulis kalimat siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari hasil analisis t-test yaitu thitung (3,913) > ttabel (2,000). Dapat disimpulkan bahwa media kartu kata memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas I SDN Wiyung I/453 Surabaya. Kata Kunci: kartu kata, keterampilan menulis kalimat Abstract Writing is one of linguistic skill that is important in elementary school. However now, writing skill in elementary school still low, students is not interesting in learning process in the class with their teacher. Because of teacher give a talkative learning and not used learning media. The aim of this research to know word card media used in learning process and effect of word card media toward simple writing skill in class 1 SDN Wiyung 1/453 Surabaya. This research used kuasi experiment method. Data of this research is from writing simple sentence test. The trial instrument being analyzed to detect validity and reliability of this instrument. Data analysis used t-test. Result of this research, students can increased their skill writing that can views from result of t-test analyzed is tcount (3,913) > ttable (2,000). From that result, the conclusion is word card media give significant effect toward simple writing skill in class 1 SDN Wiyung I/453 Surabaya. Keyword: word card, simple writing skill