PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Authors: ROSYIDAH, MIFTACHUR, Gregorius, Jandut
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15549
Daftar Isi:
  • Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khusunya pada kelas V SDN Wonoayu I Sidoarjo. Hal ini terjadi karena rendahnya daya ingat siswa dan guru belum menggunakan media yang menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan kendala yang muncul terhadap pembelajaran dengan menggunakan media flashcard. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I yaitu 68%, pada siklus II yaitu 78% dan pada siklus III yaitu 89% . Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa, pada siklus I yaitu 64%, pada siklus II yaitu 80%, pada siklus III yaitu 92%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 71%, dan pada siklus II yaitu82%, pada siklus III yaitu 96%. Hasil wawancara terhadap siswa pada siklus III mencapai 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan media flashcard dalam model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Wonoayu I Sidoarjo. Kata kunci : Media Flashcard, Model TGT, Pendidikan IPS.       Abstract The backgroud of this research is the low student learning outcomes in subjects social sciences (IPS) especially in the class ofV SDNWonoayu I Sidoarjo. This is due to a low memory students and teachers not using the media interest in deliver learning materials. Purpose of this research is to describe the activities of teachers and students during the learning, describe improving student learning outcomes, and describe the obstacles that appear to learning using flashcard media. This research uses a class action research method by using quantitative data collection methods. Data collection techniques usingthe method of observation, test and interviews. Teacher activity has increased for 3 cycles, in cycle I is 68%, in cycle II is 78% and cycle III is 89%. Increase also occured in the student activity, in cycle I is 64%, in cycle II is 80% and  cycle III is 92%. Learning outcomes of student has increase in cycle I is 71%, in cycle II is 82%, in cycle III is 96%. Resultsof interviews with students in cycle III is 96%. Therefore, can be concluded using flashcard media in TGT model can increase student learning outcomes in social studiesthe class ofV SDNWonoayu I Sidoarjo. Keywords:Flashcard media, TGT model, Social studies education.