PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: DESRI MARYANE TUNGGA, YELIS, Hariani, Sri
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15527
Daftar Isi:
  • Abstrak Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan di Sekolah Dasar. Keterampilan menulis sangat perlu dimiliki oleh siswa agar mampu menghasilkan keterampilan berbahasa yang baik dan lebih memahami pilihan kata yang tepat dalam membuat tulisan. Siswa kurang mampu dalam menulis deskripsi dalam hal ini siswa belum bisa menggunakan bahasa tulis yang menggambarkan suatu benda, tempat, suasana/keadaan yang bisa membuat pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan hal tersebut. Dari beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut, maka diperlukan media pembelajaran yang menunjang yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lingkungan sekitar terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya. Rancangan penelitian ini termasuk Pre-Experimental dengan menggunakan Pre-test and Post-test One Group. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang meliputi pre-test dan post-test. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji t. Pada uji validitas terdapat dua butir soal yang valid atau ada korelasi dengan harga rxy  dan 0,985, pada uji reliabilitas harga r11 = 1,99. Pada uji t diperoleh hasil bahwa thitung = 11,56 dan ttabel = 2,074 sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis deskripsi. Kata Kunci: pengaruh,  media lingkungan sekitar, keterampilan menulis deskripsi.   Abstract Writing skill is one of the four skills which taught on elementary school. Writing skill is needed so that the students are able to produce good language skill and understand correct diction in create writing. Student unable to writing description were students had been able to using languages that describe some places, objects, events/conditions that make reader as if they can see, hear, smell, and feel those things. Based on the problem that experienced by students, so it need learning media that support namely by utilize surrounding environment. This research aim to found out the effect of surrounding environment media utilization to fourth grade student’s writing description ability of SDN babatan I/456 Surabaya. This study applied Pre-Experimental research design that using one group-pretest-posttest research design. Data collecting conducted by test including pretest and posttest. Data analysis that applied namely validity test, reliability test, and t-test. On validity test there was two test items that valid or there is a correlation with value rxy  and 0,985, on reliability test value  r11 = 1,99. On t-test obtained that  tcound = 11,56 and ttable = 2,074. It means that tcound > ttable. Based on the result can be cocludes that significant influence on Based on description writing skills.    Keywords: effect, surrounding environment media, writing desription ability