PENGARUH PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | EMELDA, SOLVIA, Isnaini Damayanti, Maryam |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15506 |
Daftar Isi:
- Abstrak Model induktif kata bergambar memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif mengamati gambar yang ditampilkan. Selanjutnya siswa menuliskan kata-kata yang dapat dimunculkan dari gambar. Berdasarkan kata-kata tersebut siswa mulai menulis narasi. Aktivitas mengamati gambar, menuliskan kata-kata, dan menulis narasi menjadi pembelajaran yang bermakna karena membantu siswa dalam mengekspresikan pengalaman hidup mereka. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penerapan model induktif kata bergambar terhadap keterampilan menulis narasi siswa Sekolah Dasar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis pre-experimental design. Desain experimen yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model induktif kata bergambar terhadap keterampilan menulis narasi. Kata Kunci: keterampilan menulis, Model Induktif Kata Bergambar. Abstract Inductive model in a form of picture words lets the students to observe the displayed image. Furthermore, the students write the word which they have observed before. Based on that word, the students continue their activities to write a narration. The activity of observing the picture, writing the words, and writing a narration become a unity to help the students express their own life experiences. This research used quantitative data analysis. The research design is pre-experimental design using one group of pre-test and post-test design. The data collection is taken through the result of pre-test, post-test, and observation. The data analysis technique of this research used normality test and hypothesis. The result shows the significant effect of the inductive model using picture words toward students’ writing skills in writing narration. Keywords : writing skills, inductive model using picture words