PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sri Retnosari, Diyah, Isnaini Damayanti, Maryam
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15501
Daftar Isi:
  • Abstrak Pembelajaran tematik atau terpadu adalah suatu konsep pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas V SDN Sawahan IX/348 Surabaya masih rendah. Hal ini karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Dengan adanya hal tersebut, perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan metode karya wisata. Dengan metode karya wisata siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan melalui pengamatan. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui data pelaksanaan pembelajaran, hasil menulis eksposisi siswa dan kendala serta solusi dalam penerapan metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Sawahan IX/348 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan Persentase. Rata-rata nilai ketuntasan siswa 82 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Secara klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 76% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Sedangkan pada keterlaksanaan pembelajaran, persentase yang didapat pada siklus I sebesar 92% dan 97% pada siklus II. Untuk nilai ketercapaiannya diperoleh nilai 71 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan keretampilan menulis eksposisi siswa. Kata Kunci: metode karya wisata, menulis eksposisi, pembelajaran tematik   Abstract Integrated or thematic learning is a learning concept which involved some lessons. Based on result of study the student expotition writing ability of fifth grade of SDN Sawahan Surabaya was low. It is caused the learning still centered to the teacher. That is why an interesting learning method need to be conducted. That is using field trip method. In these method the students given chance to interact with envirounment directly through observation. Conducting    this field trip method was an alternative way to help student in expotition writing.the goals are to know teacher activities, students activities, student expotition writing result and problem solving in conducting this field trip method. This research using a classroom action research. The data collecting technique used observation and test. The subject in this research are the students and the teacher of SDN Sawahan IX/348 Surabaya. The data analysis technique used is quantitative descriptive with percentage. The range of value of mastery is 82 cycle and 87 in second cycle. Classically the result of study is high that is 76% in first cycle and 88%in second cycle. And the real learning the persentages can be reached in the first cycle is 92% and 97% in the second cycle. I the first cycle the maximum score that they got is 71 in the second cycle the maximum score was 87. It can be concluded that application of field trip method can improve students expotition writing skill. Keywords : field trip method, expotition writing, thematic learning.