PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | OTTU, NELCI, Susetyo Rukmi, Asri |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15450 |
Daftar Isi:
- Abstrak Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam berbahasa. Oleh karena itu, siswa dituntut untuk menguasai keterampilan membaca, khususnya dalam memahami isi bacaan. Membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pembaca dengan tujuan untuk memahami isi bacaan atau informasi yang ada dalam teks bacaan. Kemampuan membaca berkaitan erat dengan kemampuan berpikir. Melalui kegiatan membaca siswa akan mendapatkan banyak informasi atau pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-experimental design dan desain one-group pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-B SDN Lidah Kulon IV Surabaya semester 2 Tahun pelajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik sampling, yaitu pemilihan sampel yang dipilih secara individu siswa di tentukan sebagai kelas eksperien dan pengambilan sampel. Data dikumpulkan dengan teknik tes tulis (pretest dan posttest) untuk memperoleh data mengenai kemampuan siswa dalam membaca teks. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji t.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan masing-masing adalah uji t diperoleh hasil bahwa thitung = 8,86 dan ttabel = 2,064. Sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV-B SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Kata Kunci:Strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R), keterampilan membaca pemahaman. Abtract Reading skill is one of the important aspects on language. Therefore, student required to mastering reading skill, especially on understanding reading content. Reading comprehension is one of activities that performed by reader to understanding its content or information that existed within reading text. Reading ability closely related with thinking ability. Through reading activity student will obtain many information or knowledge that useful on daily lives. This was a quantitative research with pre-experimental design and one-group pretest-post-test design. Population in this research was all students of Class IV-B SDN Lidah Kulon IV Surabaya 2nd semester school year 2014/2015. Sample collecting technique was sampling technique namely sample chosen individually decided as experiment class and sample taking. Data collecting through written test technique (pretest and posttest) to obtain data concerning student’s ability in reading text. Data analysis technique applied validity test and t-test. Research result showed that the mean of student reading skill before and after received treatment with t-test obtained that tcount=8.86 and ttable= 2.064. so that tcount > ttable. It showed that there was an effect of SQ3R strategy application to student Class IV-B reading ability of SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Keywords:Strategy, Survey Question Read Recite Review (SQ3R), reading comprehension skill.