PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN SUBTEMA HEWAN DI SEKITARKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | PUSPITA ARIANTI, TITIN, , Mintohari |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15440 |
Daftar Isi:
- Abstrak Menurunnya hasil belajar siswa karena metode yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar berakar pada paradikma lama yang selalu menggunakan metode ceramah tanpa diselingi dengan metode yang menantang siswa untuk bisa berusaha dalam menyelesaikan permasalahan sendiri. Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa, kreativitas siswa, kerjasama antar kelompok dan komunikasi antar siswa. Penelitian ini menggunakan metodebpenelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dilakukan melalui dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Geluran III Sidoarjo. Dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 32 siswa dengan jumlah laki – laki 19 siswa dan perempuan 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan wawancara antara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selamadua siklus dengan persentase ketuntasan 71,15 % pada siklus I dan 77,88% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentasi ketuntasan 74,03% pada siklus I dan 76,44% pada siklus II. Tes hasil belajar mengalami peningkatan selamat dua siklus dengan rata – rata ketuntasan 9,37% pada studi awal, 50% pada siklus I, 93,75% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II SDN Geluran III Sidoarjo. Kata Kunci: Mata Pelajaran IPA, model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Geams Tournament) Abstract The decreasing of learning of outcomes are used by teachers in teaching and learning activities, which are rooted in the old paradigm that always used the try in solving the problems themselves. Learning science is a learning that focuses on student activity, creativity, inter-group cooperation and communication among the student. This study uses a classroom action research which uses quantitive and qualitative descriptive approach. Conducted through two cycles. The subjects were teachers and students of 2nd grade of Geluran III elementary school in Sidoarjo. This study conducted to the students of 2nd grade of Geluran III elementary school in Sidoarjo. The number of students are 32 students consisting of 19 boys and 13 girls.data collection technique used observation, achievement test and interviews among increased during two cycles with 71,15% of passing grade in the first cycle and 77,88% in the second cycle. Student activity has increased during two cycles with the percentage of 74,03% completeness in the first cycle and 76,44% in t5he second cycle. Achievement test had increased during two cycles with an average of 9,37% on the completeness of early study, 50 % at the first cycle, 93,75% at the second cycle. It can be concluded that cooperative learning model TGT (Teams Geams Tournament) can increase student learning outcomes in science subjects of 2nd at Geluran III elementary school. Keywords: Natural Sains, cooperative Learning model TGT (Teams Games Tournament).