PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: E. WENYI LALU, MARLIN, , Mintohari
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15438
Daftar Isi:
  • Abstrak Pendidikan memiliki kekuatan atau pengaruh yang dinamis dalam menyiapakan kehidupan manusia di masa depan. Sehingga pendidikan itu di artikan  sebagai proses di mana bisa mengubah seorang anak dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak bisa menjadi bisa. Di dalam undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 (1) dinyatakan: pendidikan sebagai usaha dasar untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya masyarakat bangsa dan Negara. Berdasarkan latar belakang di atas, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan bertanya siswa. Model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan bertanya  siswa dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa secara keseluruhan yang diterapkan pada siswa kelas V-B SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Rancangan penelitian ini termasuk preeksperimental design dengan menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar (pre-test dan pos-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada uji normalitas menunjukkan bahwa instrumen tes berdistribusi normal dengan harga r11 pretest = 0,099 dan  r11 posttest = 0,005. Pada uji t diperoleh hasil bahwa thitung adalah 9,19 dan ttabel adalah 2,021 sehingga thitung > ttabel. Karena thitung > ttabel maka hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan bertanya siswa kelas V SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya. Kata Kunci: pengaruh, inkuiri , hasil belajar dan keterampilan bertanya Abstract Education has the power or influence in setting up the dynamic of human life in the future. So education is defined as the process by which a child can change from not knowing to knowing, not understanding to be understood, or not able to able. In law no.20 of 2013 article 1 of the national education system declared: education as a basic effort to create an atmosphere of learning and the learning process so that learners are actively developing the potential for him to have the spiritual strength, self-control, personality, and skills required by himself, society, nation, and state. Based on this background, it should be required learning model that is able to improve the skills of asking and student learning outcomes. Inquiry learning model can improve questioning skills and student learning outcomes with student-centered learning as a whole. Then it will be applied to students Grade VB of SDN Wetan II / 462 Surabaya. This research uses Pre-Experimental design, especially One Group Pre-test and post-test design.Data collection techniques who is used in this study are the achievement test (pre-test and post-test). The researcher used normality test and test hypotheses as Data analysis techniques. Results of normality test showed that the normal distribution test instrument at a price of R11 pretest = 0.099 and R11 post-test = 0.005. The results of the t test are tcount is 4.734 and ttable is 2,021 so tcount > ttable. Because tcount > ttable then this shows that there is an influence on learning using inquiry learning model. Based on these results, it can be concluded that the inquiry learning effect on questioning skills and  learning outcomes of fifth grade students of SDN Lidah Wetan II / 462 Surabaya Keyword: Influence, Inquiry, Learning Outcomes