PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT DI KELAS VA SDN BABATAN V/460 SURABAYA
Main Authors: | KASMIATUN, , , Mintohari |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15428 |
Daftar Isi:
- Abstrak Rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa yang merupakan kompetensi yang harus dikembangkan untuk menghadapi masa depan menjadi latar belakang penelitian ini. Pelaksanaan penelitian pada kelas VA di SDN Babatan V/460 Surabaya ini bertujuan: mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan pendekatan saintifik, mendeskripsikan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dan lembar tes berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan presentase 60,71% pada siklus I menjadi 78,57% pada siklus II, aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 73,75% pada siklus I menjadi 85,63% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 73,13% pada siklus I menjadi 83,13% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan dapat menerapkan pendekatan saintifik untuk mengembangkan kompetensi lain yang dibutuhkan untuk masa depan. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Berpikir kreatif Abstract The background of this research is based on therefore the students’ skill to think creatively is very low, the research would like to do this research. The subject of this research is fifth grade A class in SDN Babatan V/460 Surabaya. The purpose of the research are to describe the activities of teacher and student as long as study with scientific approach, to describe the creative thinking of student with scientific approach. This research use classroom action research. There are to cycles, that consists of planning, acting, observing, and reflecting. The instrument used in this study is the observation sheet activities of teachers and students for learning and creative thinking test sheet student. The result of the research showed that there are many increasing from students’ skill to think creativity. The percentage before using the approach is 60,71% in cycle I become 78,57% in cycle II. The teacher activities also increased from 73,75% on cycle I become 85,63% in cycle II. After that, the student from 73,13% in cycle I became 83,13% in cycle II. Based on the research, the teacher suggested to apply the scientific approach to develop their competency for future life. Key Word : Kata Kunci: Scientific Approach, Creative Thinking