PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: ESTURITA, ISNA, , Mintohari
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP UNESA , 2016
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15427
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar IPA siswa dan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sokosari I dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar afektif, dan hasil belajar psikomotor serta tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil analisis uji-t satu pihak diketahui bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata nilai post-test kelas kontrol karena thitung (2,1462) > ttabel (1,6749). Rata-rata nilai afektif kelas eksperimen sebesar 92 dan kelas kontrol sebesar 89. Sedangkan rata-rata nilai psikomotor kelas eksperimen sebesar 92,5 dan kelas kontrol sebesar 84. Kesimpulannya adalah hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata 90,3%. Kata Kunci: model pembelajaran penemuan, hasil belajar, IPA.   Abstract This study aimed to determine the effect of discovery learning models on student science learning outcomes and to describe the feasibility of learning. The type of study is Quasi Experimental with Nonequivalent Control Group Design. The population in this study was V grade student of SDN Sokosari I with the samples VA class as the experimental class and VB class as the control class. The samples was taken by simple random sampling technique. Data collecting methods used was observation to determine the feasibility of learning, affective learning outcomes, and psychomotor learning outcomes, and also test to determine cognitive learning outcomes. Based on analysis result of one tail t-test known that the average of experimental class post-test score better than control class post-test score because tcount (2,1462) > ttable (1,6749). The average of affective score in experimental class is 92 and control class is 89. Meanwhile the average of psychomotor score in experimental class is 92,5 and control class is 84. The conclusion is experimental class learning outcomes better than control class learning outcomes. Learning process with discovery learning models goes very well with the average is 90,3%. Keywords: discovery learning model, learning outcomes, science.