PENGARUH STRATEGI PROBING-PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | WARDATUL KHUSNAH, DWI, , Mintohari |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PGSD FIP UNESA
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15424 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi probing-promting terhadap hasil belajar IPA siswa dan mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Lidah Wetan II Surabaya dengan sampel kelas VC sebagai kelas eksperimen dan Kelas VD sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek keterampilan dan aspek sikap serta mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan analisis uji-t diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dengan rata-rata kelas kontrol karena signifikansi hitung 0,016 < 0,05. Berdasarkan uji-t rata-rata pembelajaran satu dan dua pada nilai aspek keterampilan diketahui nilai kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol karena signifikansi hitung 0,012 < 0,05 dan 0,020 < 0,05. Berdasarkan uji-t rata-rata pembelajaran satu dan dua pada nilai aspek sikap diketahui nilai kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol karena signifikansi hitung 0,006 < 0,05 dan 0,015 < 0,05. Pembelajaran dengan strategi probing-promting terlaksana dengan baik dengan rata-rata 94,5 %. Kata Kunci: strategi probing-promting, hasil belajar, IPA. Abstract The purpose of this research are for knowing of the effeect the probing-promting strategy on student’s nature science result and describing learning process. Basically, this research uses Quasi Experiment type with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research are all of students in the 5 th grade SD Negeri Lidah Wetan II Surabaya, which use V-C class as a sample in experiment and V-D class as a control class. The sample has been taken by using purposive sample. The method that is use in collecting information are the test for knowing the student’s learning result in knowledge aspect and the observation for knowning the student learning result in skill, attitude, and alsolearning process. Based on experiment-t analysis, it has been known that the average experiment class are good than the average control class because the significan count is 0,016<0,05. While, based on the first and the second average of experiment-t skill learning, they have been known that the score of experiment class is good than the control class, it is because of the significan count are 0,012<0,05 and 0,20<0,05. In addition, based on the first and second average of experiment-t attitude learning, they have been known that the score of experiment class is good than the controt class, it is because of the significant count are 0,006<0,05 and 0,015<0,05. As the final result, the probing-promting strategy in learning process has been with 94,5% average. Keywords: Probing-promting staretgy, study result, nature science.